BPTP NTT Jadikan Kawitan Sebagai Model Diseminasi Inovasi Pertanian

KUPANG.NUSA FLOBAMORA– –Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan NTT saat ini menjadikan Kawasan Inovasi Pertanian (Kawitan) sebagai Model Diseminasi Inovasi Pertanian.

Saat ini BPTP NTT telah menghadirkan 2 Kawitan sebagai model yakni Model Kawitan Padi di Noelbaki, Kupang Tengah dan Model Kawitan Jagung di Oeteta,  Sulamu.

Kepala BPTP NTT Balitbangtan Kementan, Dr. Ir. Syamsuddin, M.Sc, menyampaikan hal ini kepada Wartawan, Rabu (4/9/2019).

Menurut Syamsuddin, rendahnya adopsi Inovasi Pertanian akibat akses petani terhadap Inovasi masih sangat terbatas dan lambat diterima. Selain itu pendampingan oleh Penyuluh dilapangan juga masih perlu lebih oprimalkan.

Ketersediaan bahan-bahan diseminasi seperti alat peraga dan bacaan untuk dipedomani juga sangat terbatas atau minim di petani sehingga BPTP NTT sesuai fungsinya sebagai diseminator Inovasi perlu membuat strategi sebagai solusi untuk upaya percepatan diseminasi Inovasi ke petani.

“Model Kawitan menjadi salah satu alternatif dalam upaya percepatan atau Hilirisasi Inovasi pertanian dalam Kawasan. Dalam Kawitan dibuat Demplot untuk arena belajar bersama Penyuluh Daerah dan BPTP serta Peneliti dan Petani Untuk peningkatan Kapasitas dan Demplot, Demfarm Inovasi Pertanian dalam Skala luas sebagai upaya adopsi/penerapan inovasi langsung oleh petani,” jelasnya.

Pria asal Sulawesi Selatan ini menambahkan, dalam atau ditengah Kawitan dibuat SAUNG INOVASI sebagai tempat pertemuan Bersama petani, penyuluh, peneliti untuk berdiskusi belajar bersama serta istrahat jika rehat dari akrifitas kerja bertani. Saung Inovasi menjadi Centre difusi inovasi dalam kawasa pengembangan.

Pada Saung, demikian Syamsuddin, dilengkapi Info-info Teknologi berupa Leaflet dan Foster serta Jadwal Konsultasi dan pertemuan. Saat ini telah dibuat 2 buah Model Kawitan. Model Kawitan Padi di Noelbaki dan Model Kawitan Jagung di Oeteta Sulamu.(ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *