Bonipoi Jadi Kelurahan Ramah Anak Dengan Hadirnya PORAMA

KUPANG.NUSA FLOBAMORA—Kelurahan Bonipoi, Kota Kupang telah menciptakan terobosan dalam membantu anak-anak di kelurahan ini. Terobosan yang dilakukan dengan menghadirkan Pojok Ramah Anak (PORAMA) ini, untuk mewujudkan kelurahan ramah anak.

Demikian disampaikan pejabat yang mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemkot Kupang, Alex Poela pada Sosialisasi dan Launching PORAMA Kelurahan Bonipoi, Jumat (30/8/2019). Hadir saat ini Lurah Bonipoi,  Warisno Matutu, S.Pt, penggagas PORAMA, Dortiana Anita Lopulalan, S.Ip yang juga  Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan( PMK) dan warga setempat.

Alex mengapresiasi positif dengan ide yang dikembangkan pihak Kelurahan Bonipoi ini. Kehadiran PORAMA ini sangat membantu warga khususnya anak-anak agar melihat kantor ibarat taman bermain.

Fasilitas yang disiapkan berupa permainan untuk anak-anak inipun, kata Alex, menjadi bagian dari edukasi bahwa kantor lurah bukan hanya untuk orang dewasa tapi untuk anak-anak pula.

“Ini maksudnya agar anak-anak tidak malu dan takut datang ke kantor lurah. Selama ini yang dilihat kantor lurah hanya untuk orang dewasa. Kantor Lurah bagi anak-anak akan dilihat seperti rumah sendiri, dimana anak-anak bisa bermain sesuka hati dan bergembira ria,” kata Alex.

Menurut Alex, sebagai kelurahan ramah anak tentu membutuhkan partisipasi dan kerjasama saling mendukung diantara warga dan pihak kelurahan.
Menghadirkan pojok ramah anak berarti melakukan beberapa kegiatan. Itu berarti komponen yang terlibat seperti pemerintah, masyarakat dan dunia usaha saling mendukung. Anak-anak harus diberi ruang untuk mengembangkan diri dimana mereka bisa berkumpul, memahami sesuatu hal dari tidak tahu menjadi tahu.

“Kalau disebut kelurahan ramah anak maka semua warga harus bisa melindungi anak dari kekerasan, eksploitasi ekonomi, sensualitas, diskriminasi, dll bentuk kekerasan yang membatasi ruang gerak anak-anak,” pinta Alex.

Sementara Ketua Panitia, Dortiana Lopulalan menegaskan soal ide dihadirkannya PORAMA. Kehadiran PORAMA ini merupakan terobosan dan inovasi dari Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Kelurahan Bonipoi. Inipun sekaligus mendukung visi dan misi Pemerintah Kota Kupang “Gerakan Ayo Berubah menuju kota Kupang Smart City”. Apalagi ada juga program Pemkot yang ramah anak, yang diimplementasikan kelurahan ini melalui program Pokja I PKK kelurahan ini.

“Di PORAMA kita siapkan Buku layak baca dan permainan layak pakai bagi anak-anak. Semuanya swadaya murni. Ada juga bantuan sukarela dari warga ini, pengusaha, donatur. Harapan saya tentu dengan PORAMA bisa mewujudkan hak-hak anak,” harap Dortiana.(ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *