BPTP NTT Gelar Bimtek ke Penyuluh Pertanian dan Petani di Tengah Sawah

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan NTT menggelar kegiatan perdana berupa bimbingan teknis (bimtek) bagi penyuluh pertanian dan petani kelompok di tengah sawah.

Bimtek dan praktek lapangan ini dilakukan di lahan kelompok tani Rindu Sejahtera di Kawasan Inovasi Pertanian (Kawitan) padi sawah di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah.

Kepala BPTP NTT Balitbangtan Kementan, Dr. Ir. Syamsudin, M.Sc, kepada wartawan, Rabu (28/8/2019) mengatakan, ini baru pertama dilakukan BPTP dalam menghadirkan penyuluh BPTP NTT, penyuluh daerah dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan NTT, Dinas Pertanian kabupaten Kupang juga Kota Kupang.

Para pihak dihadirkan, katanya, untuk saling berbagi inovasi pertanian. Alasan tempat berkumpul di lahan sawah agar kedepan dijadikan model. Diakuinya selama ini setiap inovasi baru tidak dapat terakses ke petani.

“Maka kita carikan solusi dalam upaya penyerapan inovasi dengan sama-sama dihadirkan untuk kita bicarakan sama-sama. Petani kelompok diberi materi dan langsung praktek inovasi di lahan sawah,” ujarnya.

Pria asal Sulawesi ini menambahkan, pihaknya juga menghadirkan wadah Kawasan Inovasi Pertanian (Kawitan) padi sawah di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah ini. Wadah ini digunakan petani bisa beristirahat dan kedepan apabila ada inovasi baru maka petani bersama penyuluh bisa berkumpul berbagi ilmu pertanian.

Adapun bimbingan teknis peningkatan kapasitas penyuluh mendukung upsus pajale dan peningkatan komunikasi, koordinasi, dan diseminasi inovasi teknologi Badan Litbang dan Kawasan Inovasi Pertanian (Kawitan) menghadirkan fasilitator dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Bogor, Ume Humaedah, SP, M.Si.(ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *