K2S Kota Kupang Berbagi Daging Qurban Bagi Warga tak Mampu

KUPANG.NUSA FLOBAMORA– Kontak Kerukunan Sosial (K2S) Keluarga Jawa Kota Kupang   menyiapkan   81 sapi dan 43 kambing pada hari Raya Idul Adha di Kota Kupang. Ada beberapa titik pemotongan hewan qurban di Kota Kupang dan salah satunya di pohon duri Oesapa ada 17 sapi dan 8 kambing kurban di Hari Raya Idul Adha.

Ketua Panitia Idul Qurban K2S Kota Kupang,  Muhammad Yamin dan Sekretaris K2S,  Mutakim menyampaikan hal ini kepada wartawan di lokasi pemotongan hewan Qurban di Oesao, Minggu (11/8/2019).

Menurut Muhammad Yamin, sudah menjadi rutinitas K2S ketika hari raya Idul Adha, melakukan pemotongan hewan Qurban. Pada tahun 2019 ini, anggota K2S dan donatur membantu 81 sapi dan 43 kambing. Daging hewan qurban ini nantinya dibagikan kepada pengurus K2S, anggota K2S, juga warga yang rutin disantuni. K2S dalam Idul Adha ini, kegiatan pemotongan hewan qurban dilakukan di beberapa titik yang pembagiannya sudah diatur termasuk warga sekitar tanpa melihat latar belakang agama.

Dijelaskan Muhammad Yamin, pemberian hewan qurban ini merupakan panggilan hati nurani anggota K2S untuk berbagi kepada semua warga yang membutuhkan.

” Hewan Qurban ini  baik yang diberikan anggota dan bukan anggota, akan  kita salurkan ke semua warga tanpa memandang agama sesuai kebutuhan. Kalau keseluruhan 81 sapi dan 43 kambing di Kota Kupang dan khusus di Pohon Duri Oesapa  ada 17 sapi dan 8 kambing. Sebelum dipotong, diawali dengan pemeriksaan kesehatan oleh petugas dari Dinas Pertanian Kota Kupang,” jelas Yamin.

Ketika ditanya soal makna hari raya ini, dia menjelaskan bahwa sesuai ajaran agama ini merupakan tuntunan bagi umat untuk rela berbagi dengan sesama. Dari hewan Qurban yang ada diperkirakan akan didapatkan sekitar 1.700 kantong dengan jumlah perkantong 0,8 kilogram.

Di tempat yang sama Sekertaris panitia, Mutakim menagatakan, maksud dari kegiatan pemotongan hewan Qurban ini sebagai wujud saling silahturahmi dan memperkuat persatuan dan kesatuan antar warga Jawa di Kupang dan warga lokal.

“Kalau hidup kita bersatu maka kita semakin kuat. Ini wujud ketulusan dan keiklasan hati kepada Tuhan melalui saling berbagi di hari raya,” jelas Mutakim.

Mutakim mengakui daging qurban ini nanti  bukan diberikan ke umat Muslim saja tapi juga ke fakir miskin. Panitia sudah memiliki data tentang siapa saja yang berhak menerima daging qurban. Harapannya kedepan mereka yang mampu bisa memberikan sumbangan lebih banyal lagi dalam membantu sesama yang membutuhkan.

Sementaea drh.Budi Kuncoro, mewakili pengurus K2S Kota Kupang menjelaskan, di K2S  ada 16 paguyuban. Mereka dengan sukarela menyumbang hewan qorban termasuk Majelis Taklim. Kegiatan semacam ini dilaksanakan serentak secara nasional walaupun ada yang menunda Senin (12/8/2019). Tetapi ini merupakan satu motivasi pembinaan rohani dalam semangat kebersamaan dimanapun K2S berada.(ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *