Kepala LPMP NTT Akui Sistem Sonasi PPDB Membantu Orangtua/wali

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTT, Drs. H Muhamad Irfan, MM, mengakui penerapan
PPDB di NTT memasuki tahun ketiga. Pada dua tahun sebelumnya, masih ditemukan kekurangan tetapi pada tahun ketiga (2019) sudah ada perbaikan dan berjalan aman, lancar dan sukses.

Muhamad Irfan kepada Wartawan di ruang kerjanya, Senin (22/7/2019) menjelaskan, pada PPDB tahun 2019 ini, pola yang diterapkan menggunakan sistem sonasi. Sistem ini sesungguhnya sangat positif agar siswa baru bisa tertampung di sekolah dan membantu orangtua untuk lebih dekat dengan sekolah.

“Saya kira sistem sonasi ini cukup baik dalam membantu orangtua/wali. Anak yang tinggal di sonasi itu bisa ditampung di sekolah yang ada di sonasi itu. Inipun membantu orangtua menghembat biaya dan anak menempuh jarak ke sekolah lebih dekat,” katanya.

Dirinya menegaskan, sistem baru biasanya melahirkan polemik tetapi dalam perjalanan akan dibenahi lebih baik lagi. Fasilitas pendukung belajar tentu akan diperhatikan oleh Kementrian Dikbud RI menggunakan DAK kabupaten/provinsi dan dana afirmatif dari kementrian.

“Kita sudah duduk bersama dalam rapat selama tiga hari. Kita melakukan evlauasi permasalahan dan mencari jalan keluar sehingga tahun depan berjalan lebih baik lagi,” tambahnya.(ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *