Konvoi Malam Takbiran Idul Fitri di Kupang Batal Dilaksanakan

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–Pengurus Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kota Kupang, yang sebelumnya telah berencana menggelar konvoi malam takbiran
1 Syawal 1440 Hijriah, Selasa (4/6/2019) malam, batal dilaksanakan. Malam takbiran tetap terlaksana di masjid-masjid dan diharapkan umat Muslim tidak kecewa dengan pembatalan konvoi ini, demi menjaga keamanan dan kedamaian bersama.

Ketua MUI NTT, Drs. Abdulkadir Makarim, menyampaikan hal ini di Kupang, Selasa (4/6/2019).

Makarim mengatakan, kegiatan konvo malam takbiran Idul Fitri memang setiap tahun dilakukan di Kota Kupang. Namun, untuk tahun 2019 ini batal dilaksanakan karena beberapa pertimbangan dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Apalagi dengan situasi kebangsaan yang belakangan kurang kondusif sehingga konvoi untuk saat ini dibatalkan.

“Untuk malam takbiran tetap berjalan di masjid-masjid. Kita sudah sampaikan kepada pimpinan masjid untuk menyampaikan kepada umat agar malam konvoi untuk saat ini dibatalkan. Ini untuk kenyamanan dan kedamaian kita bersama,” kata Abdulkadir.

Abdulkadir berharap dalam momen Idul Fitri ini, umat Muslim bersama umat agama lainnya tetap menjaga kerukunan dan toleransi yang aman dan damai yang sudah berjalan selama ini. Tali silahturahim dan semangat kekeluargaan sebagai keluarga besar Flobamorata tetap ditingkatkan bukan pada hari raya ini saja tetapi abadi sepanjang masa.

Sementara Ketua PHBI Kota Kupang, Drs. Ambo M.Si juga menyampaikan hal yang sama. Saat konferensi pers di Jalam Bumi 2 Kelurahan Oesapa Selatan, Kecamatan Kelapa Lima, Ambo menegaskan, kegiatan konvoi malam takbiran yang merupakan agenda tahunan ini dibatalkan karena dua alasan. 

Dikatakan Ambo, dua alasan itu yakni, keadaan negara yang membutuhkan keadaan aman dan damai sehingga pihaknya tidak melaksanakan takbiran dalam konteks kegiatan yang besar.
Selain itu, Keputusan Kementerian Agama (Kemenag) RI yang memutuskan melalui sidang isbat, bahwa 1 Syawal 1440 Hijriah tepat pada Rabu (5/6/2019) sehingga masyarakat dapat mengerti alasan pembatalan Konvoi Takbiran malam ini yang sangat dinantikan oleh sejumlah masyarakat di Kota Kupang.

Didampingi Ketua Lintas Remaja Masjid, Mustakim dan Ketua Generasi Pemuda Remaja Masjid Kota Kupang, Bahrudin Ibrahim, dirinya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh umat Islam yang berharap malam ini bisa melaksanakan pawai takbiran tahunan ini. 

“Memang kita perkirakan pawai takbiran dengan berpedoman pada tahun lalu, jumlah yang berpartisipasi dperkirakan lebih dari 3 ribu orang.
Namun, karena Konvoi Takbiran 2019 dibatalkan, maka umat muslim diimbau untuk melaksanakan takbiran di masjid masing-masing. Jika terdapat Konvoi Takbiran malam ini, konvoi tersebut di luar tanggung jawab panitia,” tegas Ambo.

Ketua lintas remaja Muslim Kota Kupang, Mustakim Lilo juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Muslim di Kota Kupang dan menghimbau agar remaja masjid tidak melakukan pawai takbiran keliling. Jikapun melakukan, itu diluar dari pada tanggung jawab panitia.(ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *