BPTP NTT Hijaukan Perbatasan RI-RDTL dengan Jagung NASA29

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–BPTP Balitbangtan NTT sangat peduli terhadap kawasan perbatasan RI-RDTL. Upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan bimbingan teknis pertanian bagi warga melalui kelompok tani (poktan). Salah satu upaya yang tengah dilakukan yakni pengembangan budidaya jagung NASA29 dan diharapkan kawasan perbatasan menjadi hijau dari tanaman jagung jenis ini.

Dalam rilis BPTP Balitbangtan NTT yang diterima Nusa Flobamora, Kamis (16/5/2019) disebutkan, pada Selasa (14/5/2019) lalu,  tim peneliti BPTP NTT terdiri dari Dr.Ir.Sophia Ratnawaty, M.Si, Ir.Evert Y.Hosaang, M.Si, Ph.D, dan Yanuar Achadri, S.Pt, M.Sc melaksanakan bimbingan teknis tentang budidaya jagung NASA-29 kepada petani di Desa Tasain, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu.

Kegiatan ini   diikuti 50 anggota kelompok tani (Poktan). Poktan yang ada telah menyediakan lahan seluas 10 hektar yang terbagi dalam dua kelompok yaitu poktan Sadar Maju melaksanakan musim tanam (MT 2) pada bulan Mei 2019 dan poktan Putra Cendana melaksanakan MT 2 mulai bulan Juni 2019.

Tim peneliti dari BPTP Balitbangtan NTT menyampaikan penjelasan kepada petani mengenai jagung NASA (Nakula-Sadewa) 29, yaitu jagung hibrida tongkol ganda yang memiliki keunggulan produksi hasil tinggi mencapai 90 persen.  Syarat lahan yang perlu dihindari dalam budidaya jagung antara lain: lahan tergenang air lebih dari dua hari, banyak gulma, sering dimasuki ternak dan ternaungi oleh tanaman besar.

Sistem  pola tanam menggunakan double track atau jalur ganda, sistim ini dapat meningkatkan populasi dan menekan tingkat kompetisi terhadap hara, gas dan cahaya.

Setelah bimtek selesai, agenda dilanjutkan penanaman jagung NASA 29 secara simbolis oleh poktan dan BPTP NTT. Para petani memiliki antusiasme, semangat dan motivasi tinggi dalam mengikuti rangkaian kegiatan bimtek.

Semoga melalui program kegiatan dukungan inovasi pertanian ini dapat meningkatkan pendapatan petani serta menghijaukan wilayah perbatasan RDTL-Indonesia. (*/ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *