Membangun Lumbung Pangan di Wilayah Perbatasan NTT dengan Budidaya Jagung NASA 29

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–-Dalam mendukung program Kementerian Pertanian RI mengenai Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor di Wilayah Perbatasan (LPBE-WP), BPTP Balitbangtan NTT bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Belu mengembangkan potensi pertanian di wilayah perbatasan. Langkah yang dilakukan adalah dengan membudidayakan tanaman jagung NASA29. Jagung NASA (Nakula-Sadewa) 29, yaitu jagung hibrida tongkol ganda. Jagung ini merupakan hasil persilangan antara galur inbrida yang dirakit oleh Tim Pemulia Jagung Balitbangtan Kementerian Pertanian.

Berdasarkan laporan Tim khusus dari BPTP Balitbangtan NTT, Sophia Ratnawaty dan Yanuar Achadri yang berkunjung ke perbatasan RI-RDTL (Kabupaten Belu), belum lama ini bahwa Pemda Kabupaten Belu dalam hal ini Dinas Pertanian menyambut positif. Tim disambut baik, Kepala Bidang Tanaman Pangan,   Rafael Tuka A.Md. Setelah berkoordinasi dengan pihak Dinas Pertanian, tim dari BPTP NTT mendapat arahan untuk mengembangkan pertanian di wilayah Kabupaten Belu di 2 kecamatan, yaitu,  Kecamatan Raihat dan Kecamatan Raimanuk. Potensi pertanian yang akan dikembangkan di wilayah tersebut yaitu tanaman jagung.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan NTT mengenalkan jagung NASA 29 ke wilayah perbatasan Kabupaten Belu. Jagung NASA (Nakula-Sadewa) 29, yaitu jagung hibrida tongkol ganda. Jagung ini merupakan hasil persilangan antara galur inbrida yang dirakit oleh Tim Pemulia Jagung Balitbangtan Kementerian Pertanian. NASA 29 memiliki umur panen 100 hst dengan warna biji kuning-orange. Potensi hasil yang tinggi mencapai 13,5 t/ha. Selain potensi hasil yang tinggi, jagung ini memiliki ketahanan terhadap penyakit bulai, karat, dan hawar.

Kunjungan pertama di Desa Tohe, Kecamatan Raihat. Tim BPTP NTT didampingi Bapak Oktovianus T. D. Bau, SP, selaku Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP3K) Haekesak dan Bapak Teo Tonio Brito, selaku PPL Desa Tohe. Kelompok tani di Kecamatan Raihat ada 4 kelompok, yaitu: Bintang Jaya, Pacul Mas, Rajawali, dan Sinar Tani. Kelompok tani ini mengelola lahannya berupa tanaman pangan antara lain;  padi, kacang hijau, dan jagung. Lahan di areal sisi tanaman sudah dilengkapi dengan irigasi dari mata air pegunungan, sehingga air tidak pernah surut di musim kemarau.

Sistem tanam padi biasanya dilakukan bulan November, kemudian panen bulan Februari. Kacang hijau penanaman bulan Februari, panen bulan Juni. Jagung musim tanam bulan Juni, panen bulan Oktober. Kelompok tani di Kecamatan Raihat ini menyiapkan lahan seluas 5-10 Ha untuk dinanami jagung NASA 29.

Kunjungan kedua di Desa Tasain, Kecamatan Raimanuk. ,Tim BPTP NTT didampingi Bapak Marselinus Sesan, SP, selaku Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sukabitetek, Bapak Darius Ampu, SP, selaku Mantri Tani, dan Bapak Vitalis Meta Luan, S.ST, selaku PPL Desa Tasain. Kegiatan awal yaitu melakukan koordinasi dengan kelompok tani Sadar Maju. Kelompok ini mempunyai 20 anggota, luas lahan basah 10 Ha, dan lahan kering 8 Ha. Kelompok tani ini mengelola lahannya berupa tanaman pangan, yaitu: padi, dan jagung. Jenis jagung di sini dibedakan menjadi 2, yaitu jagung MT I (Masa Tanam I) dan jagung MT II (Masa Tanam II). Jagung MT I ditanam pada saat musim penghujan dan pengairan melimpah, sedangkan jagung MT II ditanam pada saat musim kemarau atau paceklik. Harga penjualan jagung MT I biasanya dijual dengan harga Rp 3000,- sampai Rp 4000,- sedangkan jagung MT II dijual seharga Rp 5000,-. Perbedaan harga ini dipengaruhi karena musim tanam.

Kelompok tani di Kecamatan Raihat dan Raimanuk ini sangat semangat dan mempunyai antusiasme tinggi untuk menanam benih jagung NASA 29 dari BPTP NTT. Hal ini diwujudkan dengan masing-masing kelompok tani dalam kecamatan tersebut siap menyediakan lahan seluas 5 Ha untuk ditanami jagung NASA 29. Semoga upaya BPTP Balitbangtan NTT berhasil dalam mengembangkan inovasi pertanian di wilayah perbatasan.(*/Amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *