Warga Sabu Raijua Gelar Pesta Adat Tali Manu Dabba

KUPANG.NUSA FLOBAMORA-–Warga Sabu Raijua selama dua hari,  Sabtu dan Minggu tanggal 23-24 Maret 2019 merayakan pesta adat Tali Manu Dabba di Wilayah adat Liae, Kecamatan Sabu Liae, Kabupaten Sabu Raijua.  Kegiatan adat yang sakral tersebut berlangsung secara aman dan tertib  diikuti ratusan peserta dan penonton.

Lomi Mone Sebagai Deo Rai Liae pada kesempatan ini  mengatakan bahwa kegitan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di wilayah adat Liae serta sangat sakral. Kegiatan ini tiap tahun harus dilakukan dan itu diatur berdasarkan kelender adat yang jatuh pada Warru Dabba atau dalam kalender masehi sekitar bulan Maret.

Menurut Bai Deo  sapaan akrabnya, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan Sabung ayam adat sebagai budaya orang Sabu yang memiliki makna dan tujuan untuk mengakhiri perang antara suku serta antara wilayah adat yg terjadi ribuan tahun yang lalu di daerah ini,. Maka dari itu leluhur orang Sabu mendapat hikmat bagaimana caranya mengakhiri perang tersebut oleh karena itu digagaslah Ritual Adat Tali Manu Dabba.

Jefrison Hariyanto Fernando sebagai salah  satu Pegiat Budaya Sabu ketika dimintai komentarnya mengatakan,  ritual Tali Manu Dabba itu merupakan tanda bahwa sejak ribuan tahun yang lalu orang Sabu Raijua sudah punya rasa peduli dan menjunjung tinggi terhadap  HAM kususnya Hak hidup seseorang dan ini harus tetap dijaga dan dilestarikan oleh seluruh anak cucu orang Sabu Raijua.

“Ini kekayaan budaya kita yang tidak dimiliki oleh negara lain sehingga harus tetap dijaga dan dilestarikan keberadaannya,” ujarnya

Nando sapaan akrabnya berharap kepada pemerintah agar kekayaan Budaya ini perlu dipromosikan menjadi salah satu Destinasi Wisata Budaya di Kabupaten Sabu Raijua.

Selain itu ia berharap kepada pemda agar diusulkan untuk dijadikan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) secara Nasional ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya Dirjen Kebudayaan.(ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *