GPS Hadirkan Taman Bacaan di Ledeke, Sabu Raijua

KUPANG.NUSA FLOBAMORA— Komunitas GPS (Generasi Peduli Sesama) melakukan peluncuran Taman bacaan di Kelurahan Ledeke, Kecamatan Raijua, Kabupaten  Sabu Raijua, Rabu (20/3/2019). Kegiatan tersebut dihadiri langsung Ketua Komunitas GPS, para orang tua serta anak-anak yang begitu antusias dalam merespon kehadiran taman baca tersebut.

Dalam arahannya,  Jefrison H. Fernando sebagai Ketua Komunitas GPS mengatakan bahwa tujuan dibukanya taman baca tersebut adalah untuk meningkatkan minat baca anak-anak Raijua serta membuka wawasan berpikir mereka. Selain itu dia mengatakan bahwa buku-buku bacaan yang ada merupakan sumbangan sukarela dari beberapa teman-temannya yang ada di luar Kabupaten Sabu Raijua sehingga dari hasil sumbangan tersebut telah terkumpul sekitar 1.200an buku bacaan.

Dikatakannya, selain meningkatkan minat baca melalui  Taman Baca tersebut,  juga mereka melakukan kegiatan kursus Bahasa Inggris secara gratis tiap hari Rabu dan Sabtu dengan pengajar profesional dari Yayasan Indonesia Mengajar.

Menurut staf Kecamatan Raijua tersbut bahwa Komunitas GPS telah membuka dua Taman Baca di Kecamatan Raijua, dan kedepan terus berjuang agar semakin banyak taman baca.

“Harapan kami adalah kedepan Kecamatan  Raijua menjadi Kecamatan Literasi di Kabupaten Sabu Raijua dan kami berharap dukungan dari para orang tua untuk memotivasi anak-anak  kita agar datang membaca di taman baca,” jelasnya.

Secara terpisah Mas Eko dari Yayasan Indonesia Mengajar mengatakan dia sangat senang dengan kehadiran taman bacaan di Raijua..

“Saya senang sekali dengan gebrakan ini karena dengan  kegiatan ini saya bisa menyalurkan ilmu pengetahuan yang saya miliki sebagai Guru bahasa inggris untuk memberikan kursus kepada adik-adik  kita. Hal ini menurut saya merupakan respon positif dari kami yang ada di Pulau Raijua terhadap program pak Gubernur NTT yang telah menetapkan hari Rabu sebagai hari yang mewajibkan berbahasa Inggris,” ujar eko.

Untuk diketahui bahwa komunitas GPS (Generasi Peduli Sesama) merupakan komunitas yang dibangun sejak 2015 yang awalnya bergerak dibidang sosial untuk membantu Janda duda yatim piatu di desa-desa. Sejak 2015 hingga saat ini Komunitas GPS telah melayani dan membantu 450 janda duda yatim piatu , tahun 2019 komunitas GPS akan berfokus di bidang pendidikan dengan  menggenjot pembukaan taman baca di beberapa titik di Pulau Raijua.(ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *