TNI-Polri Siap Amankan Pemilu 2019 di NTT

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–-Jajaran TNI-Polri serta instansi terkait lainnya siap mengamankan pelaksanaan pemilu 2019 di NTT. Wujud kesiapan ditunjukan dalam gelar pasukan yang dipimpin Kapolda NTT, Irjen (Pol) Drs. Raja Erizman didampingi Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Syaiful Rahman, S. Sos beserta Danlantamal VII/Kupang, Brigjen TNI Mar Kasirun Situmorang dan Danlanud El Tari Kupang yang diwakili oleh Kadisops Lanud El Tari Kupang Letkol Pas I Made Sumadra.
Kapolda NTT, Raja Erizman pada Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan menghadapi pemilu Tahun 2019, Jumat (22/3/2019) di Lapangan Makorem 161/Wira Sakti membacakan Amanat Menkopolhukam RI Wiranto tentang pentingnya pemilu presiden dan pemilu legislatif Tahun 2019.
Menurut Wiranto, Pemilu serentak Tahun 2019 merupakan tonggak sejarah karena akan dilaksanakan secara serentak, yang akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional untuk melakukan konsolidasi politik yang demokratis dan berintegritas.
Lebih lanjut dikatakan bahwa TNI Polri mempunyai fungsi dan peran yang menentukan dalam pelaksanaan pemilu 2019. Fungsi dan peran TNI Polri yang berada diluar lingkup penyelenggara pemilu, sangat menentukan dalam suksesnya penyelenggaraan pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.
Menkopolhukam RI juga berharap terkait dengan tugas adalah kehormatan dan kebanggaan dalam menjaga keutuhan bangsa dan menjamin terwujudnya keamanan ketertiban masyarakat
“Untuk itu saya berharap kepada Prajurit TNI Polri dan komponen masyarakat agar melaksanakan tugas ini penuh dengan dedikasi dan rasa tanggung jawab, karena bagi prajurit bhayangkari negara tugas adalah kehormatan yang tidak ternilai harganya ,” jelas Menkopolhukam RI.
Menkopolhukam RI juga berpesan agar seluruh prajurit TNI Polri untuk mempedomani prosedur tetap yang berlaku dan mewujudkan sinergitas TNI Polri. Wujudkan sinergitas TNI Polri dan penyelenggara pemilu serta seluruh komponen masyarakat agar setiap permasalahan yang muncul dilapangan dapat dihadapi, dikoordinasikan dan dipecahkan secara bersama.
” Saya sangat meyakini bahwa unsur babinsa dan bhabinkamtibmas serta perangkat lainnya sangat menguasai wilayahnya,” jelas Menkopolhukam RI
Diakhir Amanatnya Menkopolhukam RI memberikan lima penekanan kepada peserta apel gelar pasukan untuk dipedomani dan dilaksanakan.
Apel gelar pasukan dengan tema: Tingkatkan Sinergitas TNI Polri dengan komponen bangsa lainnya guna mewujudkan kamdagri yang kondusif ini, dihadiri oleh Unsur Forkopimda NTT, TNI, Polri, KPU NTT, Bawaslu NTT, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan komponen bangsa lainnya.
Adapun pasukan peserta Apel gelar pasukan ini terdiri dari Unsur TNI, Unsur Polri dan Unsur terkait lainnya.
Dalam apel gelar pasukan tersebut juga dilaksanakan pemeriksaan pasukan oleh Danrem 161/Wira Sakti, Kapolda NTT, Danlantamal VII Kupang dan Yang mewakili Danlanud El Tari Kupang. Kemudian kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan deklarasi aman damai dan sejuk dalam rangka pemilu tahun 2019 di Prov NTT oleh Unsur Forkopimda NTT dan komponen bangsa lainnya.(*/ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *