30 Petani P4S di Lasiana Dapat Pelatihan Teknis Tematik

KUPANG.NUSA FLOBAMORA--Sebanyak 30 petani dari empat kelompok tani yang terhimpun dalam Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) di Kelurahan Lasiana, Kota Kupang mendapat pelatihan teknis tematik dari Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang. Pelatihan Teknis Tematik Bagi Non Aparatur Angkatan V dilaksanakan tanggal 14-16 Maret 2019 ini dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kupang Drs. Obed D.R. Kadji, Kamis (13/3/2019).
Turut hadir, Kepala Badan Perlengkapan Aparatur dari Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang Muhamad Awaludin, SPi, MSi, Ketua P4S Suka Maju, Kelurahan Lasiana, Samuel Rewa.
Ketua P4S Suka Maju, Samuel Rewa mengatakan, dalam pelatihan teknis ini, para peserta dibekali tentang bagaimana teknik menanam padi dengan metode jajar legowo juga bagaimana anggota kelompok memiliki keterampilan dalam pembuatan stik dan puding kelor. Para peserta yang ada merupakan anggota kelompok tani binaan P4S Suka Maju terdiri dari yakni Kelompok Tani (Poktan) Suka Maju, Poktan Serba Usaha Tani 1 dan Poktan Serba Usaha Tani 2, serta Kelompok Wanita Tani (KWT) Suka Maju dan KWT Melati. Semuanya merupakan petani yang bergerak dalam bidang usaha tani terutama padi.
Menurutnya, kehadiran BBPP Kupang dengan memberikan pelatihan tematik ini sungguh sangat membantu petani. Diiharapkan ilmu yang diperoleh selama tiga hari ini, para petani memiliki keterampilan dalam memproduksi padi dengan metode jajar legowo. Dirinya berharap dengan keberadaan kelompok tani yang ada, pemerintah bisa membantu dengan berbagai program walaupun kelompok ini swasta murni tetapi turut andil membangun sektor pertanian di Kota Kupang.
Muhamad Awaludin pada kesempatan ini mengatakan, kegiatan tematik ini diperuntukan bagi petani P4S Suka Maju berjumlah 30 orang yang merupakan petani peternak. Fokus kegiatan pada pertanian jajar legowo dengan pengolahan daun kelor. Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat bagi kelompok tani ternak terutama di P4S ini.
“Kegiatan di P4S bukan hanya pertanian semata tapi juga peternakan. Ada juga kegiatan keterampilan lain seperti jahit menjahit tentu P4S bisa mendatangkan fasilitator dari luar begitu pula ada pemuda tani melakukan perbaikan kendaraan bermotor maka P4S bisa bantu untuk menambah pengetahuan buat pemuda,” kata Awaludin.
Sementara Obed Kadji pada saat membuka kegiatan ini memberikan motivasi kepada para peserta yang terdiri dari para anggota kelompok tani serta kelompok wanita tani untuk berusaha melalui kegiatan kegiatan produksi pertanian dan pengolahan hasil pertanian agar dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Pemkot mendukung penuh program pemberdayaan petani peternak dan pihaknya sangat berterima kasih kepada BBPP Kupang yang terus mendampingi petani terkhusus di P4S Suka Maju, Lasiana ini.(ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *