Korem 161/Wira Sakti Canangkan WBK dan WBBM

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–Tentara Nasional Indonesia (TNI) lingkup Korem 161/ Wira Sakti, Kupang mencanangkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) lingkup Korem setempat. Pencanangan ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden RI Nomor : 81/2010 tentang grand desain reformasi birokrasi di Indonesia. Pencanangan dilakukan di Makorem, Rabu (13/2/2019).
Danrem 161/Wira Sakti-Kupang, Brigjen TNI Syaiful Rahman S.Sos dalam arahannya menyatakan bahwa fokus utama dari pencanangan Zona Integritas (ZI) ini adalah penerapan program yang meliputi manajemen perubahan dan penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akutabilitas kinerja serta peningkatan kualitas pelayanan. Penilaian yang dilakukan, merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah untuk menjalankan komitmen mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan pelayanan publik.
Danrem menambahkan, pencanangan ini merupakan wujud nyata kesungguhan, keseriusan dan kemauan Korem 161 dan seluruh jajaran untuk melakukan perubahan di jajarannya untuk menjadi lebih baik. Bagi Korem, pencanangan ini merupakan tindak lanjut dan komitmen dari Kepala Staf TNI AD dengan menyiapkan satuan kerja TNI termasuk di seluruh wilayah kerja Korem 161 untuk menjadi lebih baik dan profesional.
Dirinya berharap, ada dampak positif terhadap adanya perubahan pola pikir dan pola sikap yang teraktualisasi dalam etos kerja prajurit dan PNS di Korem untuk menjadi lebih profesional. Selain itu, Danrem menegaskan, ada sinergitas seluruh elemen termasuk masyarakat dan TNI untuk bersama mendukung dan menunjang program pemerintah di NTT dan menjadikan wilayah NTT sebagai wilayah kerja yang bebas dari praktek korupsi.
Pada kegiatan inipun pejabat dari BPK RI Perwakilan NTT, Beben Adnan Bokim membentangkan soal bagaimana pembangunan Zona Integritas. Ada beberapa syarat penilaian seperti, syarat pengajuan ZI, syarat unit kerja menjadi WBK/WBBM serta syarat nilai total pengungkit dan hasil.
Pencanangan ditandai dengan pembacaan piagam Zona Integritas menuju WBK dan WBBM oleh Danrem dilanjut dengan penandatangan piagam diikuti para Kasi dan Dandim lingkup Korem 161/Wira Sakti Kupang.(ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *