Hidup Sehat Cerminan Keluarga Bahagia

Hidup Sehat Cerminan Keluarga Bahagia

Oleh : Rudi Sabuna ,Jumiati Tefanai ,Maria Kamalo, Jhopy Haiain

Berbicara mengenai sehat tentu kita semua menginginkan akan hal tersebut, dimana dengan kesehatan kita bisa bekerja dan membuat hidup kita menjadi bermakna bagi orang lain selain itu juga tentu kita semua  ingin mempunyai pola hidup yang teratur, siapapun orangnya pasti sangat ingin memiliki pola hidup yang sehat sampai-sampai,kebanyakan orang salah mengartikan pola hidup sehat.

Mereka menganggap bahwa dengan diet yang sangat keras sampai-sampai memakan korban  adalah  cara yang tepat untuk  menciptakan pola hidup sehat. Tetapi,yang harus kita ketahui   adalah tidak semua pola hidup sehat harus dengan menggunakan alternatif  diet ,bisa  juga dengan olahraga , makanan yang teratur, istirahat dan lain-lain merupakan alternatif lain yang bisa dipilih.

Kita tahu, bahwa  kebanyakan para selebriti akan melakukan diet mati-matian hanya untuk  mendapatkan ukuran badan yang ideal. Sampai-sampai ada yang melakuakan operasi  sedot lemak hanya untuk mendapatka badan yang ideal,dan lebih disayangkan bahwa banyak sekali orang yang telah mengikuti hal tersebut. Tanpa mereka sadari bahwa masih ada banyak sekali pilihan-pilihan untuk menjaga pola hidup sehat kita

Menjaga pola hidup sehat adalah upaya seseorang untuk menjaga dan mempertahankan gaya hidup sehatnya dengan berbagai upaya. Ada orang yang beranggapan bahwa“buat  apa kita pintar dan cantik kalau tidak sehat, toh kan sama saja’’. Kalimat itu yang sering membuat orang semangat untuk memperhatikan pola hidup sehatnya agar menjauhkan dirinya dari berbagai penyakit.

Tujuan Pola Hidup Sehat

Tujuan kita menerapkan pola hidup sehat tentunya untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.Tapi ternyata dengan menjalankan pola hidup sehat kita tidak hanya akan mendapatkan kesehatan jasmani kita juga mendapatkan bonus kesehatan rohani yang stabil.Disamping itu dengan menerapkan gaya hidup sehat tidak makan daging, sama artinya kita mengurangi efek global warming.

Berikut adalah keuntungan yang kita dapat dari menjalankan pola hidup sehat, baik secara fisik maupun secara mental.

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat

Pola Perilaku
Pola perilaku ( behavioral patterns) akan selalu berbeda dalam situasi dan lingkungan sosial yang berbeda, dan senantiasa berubah, tidak ada yang menetap ( fixed ). Gaya hidup individu, yang dicirikan dengan pola perilaku individu, akan memberikan dampak pada kesehatan individu dan selanjutnya pada kesehatan orang lain. Dalam kesehatan, gaya hidup seseorang dapat diubah dengan cara memberdayakan individu agar merubah gaya hidupnya, tetapi merubahnya bukan pada individu saja, tetapi juaga merubah lingkungan sosial dan kondisi kehidupan yangmempengaruhipolaprilakunya.

Perubahan Gaya Hidup Berjalan seiring pertumbuhan ekonomi, sosial budaya teknologi yang gejala negatifnya sudah banyak dirasakan saat sekarang ini, seperti kurang gerak secara fisik, perilaku merokok, napza, minuman keras, gizi lebih, kurang sayur, kurang istirahat danlain-lain.

Dampak Postif Pola Hidup Sehat

Berbicara pola hidup sehat, tidak hanya memfokuskan pada makanan sehat, namun terkait dengan kebiasaan sehat menjalani kehidupan dan tidak kalah penting yaitu kepemilikan pola pikir yang positif. Manusia memandang kehidupan dengan optimis, diyakini mempengaruhi kondisi kejiwaan pada akhirnya membebaskan dari beban pikiran yang dialaminya sehingga mampu menghindarkan dari penyakit yang biasanya disebabkan oleh munculnya stress, beban pikiran, dan kecemasaan di dalam kehidupan.

Hidup terarah, lebih nyaman, dan selalu bahagia tentunya akan dirasakan jika sesorang sehat secara lahir batin. Kesehatan jasmani menjadikan seseorang mempunyai kesempatan mencapai usia tua dengan kondisi tubuh yang sehat. Dan kesehatan batin menjadikan manusia selalu berpikir optimis dalam menatap masa-masa depan. Hal-hal tersebut dapat diwujud dan jika manusia mengaplikasikan pola hidup sehat.

Berikut ini merupakan manfaat yang diperoleh seseorang jika melakukan dan menerapakan pola hidup sehat di dalam kehidupannya: 1. Dapat tidur dengan nyenyak 2. Dapat bekerja dengan maksimal 3. Dapat belajar lebih baik 4. Dapat berpikir dengan sehat serta positif 5. Merasakan kedamai, kenyamanan dan ketentraman  6. Memiliki penampilan sehat 7. Mendapatkan interaksi sosial dan kehidupan yang baik 8. percaya diri 9. Menghemat biaya dalam mendapat kesehatan 10. Terhindar dari berbagai penyakit.

Dampak Positif Pola Hidup Sehat Bagi Tubuh,

  1. Nafsu makan bertambah karena sistem pencernaan lebih baik,
  2. Tubuh menjadi kokoh dan kuat karena otot-otot kuat dan besar
  3. Tubuh terhadap berbagai macam penyakit
  4. Raut wajah terlihat riang
  5. Mempunyai keinginan yang keras dan disiplin
  6. Peredaran darah menjadi lebih cepat dan lancar

Dampak Negatif Bagi Yang Tidak Menerapkan Pola Hidup Sehat

  1. Tidak dapat tidur nyenyak
    2.      Tidak dapat bekerja secara maksimum
    3.      Tidak dapat belajar  dengan baik
    4.      Menjadi mudah stres
    5.      Merasa tidak nyaman
    6.      Tidak percaya diri
    7.      Kurang konsentrasi
    8.      Mudah terkena penyakit

Ada beberapa kriteria menjaga pola hidup sehat,diantaranya :

1.Nilai gizi atau kandungan dari makanan yang kita konsumsi

Makanan yang kita konsumsi haruslah meenuhi semua yang dibutuhkan oleh tubuh,pola makan yang benar hendaknya memenuhi konsep 4 sehat 5 sempurna yang sudah tidak asing lagi kita dengar dimana konsep ini menekankan pentingnya 4 golongan makanan berupa sumber  kalori untuk tenaga,protein untuk pembangun,sayuran dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral sebagai pemeliharaan.

Perlu juga diketahui bahwa jumlah kebutuhan gizi dari masing-masing orang berbeda kebutuhannya,orang yang berusia tua dengan orang yang masih muda tentu memiliki nilai kebutuhan gizi yang berbeda,begitu juga jenis  kelamin ikut mempengaruhi nilai gizi yang dibutuhkan

2. Istirahat yang cukup dan berkualitas

Istirahat yang paling baik adalah tidurdan tidur yang paling baik bagi tubuh adalah pada malam hari. Berapa jam sebaiknya tidur dalam satu hari untuk pertanyaan in ini dalam penelitiani lmiah memberikan jawaban yang berbeda. Ada yang mengatakan 7 jam, ada juga yang mengatakan 8 jam/hari, namun sebenarnya semuanya itu tergantung dari kualitas tidur bukan kuantitas.

3.Olahraga

Lakukan olahraga secara rutin yang sesuai dengan kondisi tubuh,usia,dan riwayat penyakit yang pernah diderita. Beda usia tentu beda juga jenis olahraga yang sesuai untukdijalani, namun ada beberapa olahraga yang cocok untuk segala usia dan terlebih untuk anda yang menderita  gangguan jantung diantaranya jalan santai atau lari kecil-kecil, bersepeda, dan untuk orang yang mengalami gangguan jantung sangat cocok menjalani olahraga yang sifatnya tidak melakukan gerakan-gerakan spontan.

4.Lingkungan yang sehat

Tentunya kebersihan   adalah syarat mutlak dan selain kebersihan, lingkungan yang sehat memiliki kriteria seperti sirkulasi udara yang baik dan bersih, hawa sejuk dan tidak terlalu bising.

Mengakhiri  tulisan sederhana ini, saya mengajak kita semua agar menerapkan pola hidup sehat ini dalam kehidupan kita,apalagi sebagai muda-mudi yang diharapkan oleh pemerintah sebagai generasi penerus bangsa yang menentukan masa depan bangsa ini,maka marilah kita menjaga pola hidup sehat kita agar tercapai Indonesia yang sehat dan sejahtera.

“ Sehat Tidak Dapat Dibeli Namun Sehat Akan Terwujud Apabila Kita Sadar Dan Mau Berubah’’ Semoga bermanfaat !!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *