Kepala LPMP NTT Nilai Sehari Berbahasa Inggris Berdampak Positif

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–-Kepala Lembaga Penjaminan Mutu pendidikan Provinsi NTT, Drs. H. Muhamad Irfan menilai kebijakan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat perihal sehari berbahasa Inggris pada Hari Rabu sangat positif. Penerapan hari berbahasa Inggris ini memang belum dirasakan manfaatnya sekarang, tetapi kedepan akan menjadi budaya karena NTT saat ini menjadi daerah tujuan pariwisata.
Muhamad Irfan menyampaikan hal ini ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/2/2019).
Irfan mengakui bahwa secara nasional pemerintah mengkampanyekan budaya berbahasa Indonesia yang baik dan benar, tetapi terobosan yang dilakukan gubernur apalagi diperkuat dengan peraturan gubernur, tentu ada dasar pertimbangannya. Saat ini memang, lanjut Irfan, penerapan baru sebatas kalangan ASN juga UPT lingkup Pemprov NTT yang ada, namun perlu diperluas ke daerah-daerah. Wilayah yang perlu dimasyarakatkan untuk berbahasa Inggris diharapkan pada daerah tujuan wisata seperti di Labuan Bajo, Ende, Rote Ndao juga daerah perbatasan.
“Sekarang memang belum dirasakan manfaatnya karena baru dimulai. Tapi kami dari LPMP NTT sangat mendukung program sehari berbahasa Inggris ini. Kami akan terapkan di lembaga ini dengan mewajibkan pegawai bisa berbahasa Inggris minimal kalimat sederhana. Apalagi ASN sekarang yang mau melanjutkan studi minimal bisa berbahasa Inggris karena pola toffel,” jelasnya.
Perihal penerapan di sekolah-sekolah, Irfan menjelaskan, saat ini memang Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran di sekolah. Tapi sekolah bisa menerapkan sebagai program ekstra kurikuler dimana para siswa bisa menggunakan bahasa Inggris pada waktu luang, tentu perlu didukung penuh.
“Intinya program sehari berbahasa Inggris ini perlu sama-sama kita dukung. Jika mau majukan pariwisata maka berbahasa Inggris menjadi satu program yang perlu dibudayakan. Saya kira pak gubernur tentu sudah melihat jauh kedepan dan penerapan satu hari berbahasa Inggris bukan asal diterapkan,” ujarnya.(ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *