K2S Kota Kupang Gelar Aksi Donor Darah dan Berbagi Kasih

KUPANG.NUSA FLOBAMORA––Dalam mendukung HUT NTT ke 60 tanggal 20 Desember dan Hari Ibu tanggal 22 Desember, Kontak Kerukunan Sosial Keluarga Jawa (K2S) di Kota Kupang menggelar aksi sosial berupa donor darah dan berbagi kasih. Pada kegiatan donor darah yang diikuti pendonor secara sukarela itu berhasil mengumpulkan 100 kantong darah sedangkan berbagi kasih dalam rangka hari ibu akan dilaksanakan pada Sabtu (22/12/2018) di Jalan El Tari berupa pemberian makanan bergizi.

Ketua K2S Kota Kupang, drh. Budi Kusworo, menyampaikan hal ini kepada wartawan di sela-sela kegiatan aksi donor darah  di PMI NTT, Kamis (20/12/2018).

Kusworo mengatakan, aksi donor darah saat ini dilaksanakan K2S atas inisiatif dari  pengurus yang membidangi Peranan Perempuan K2S. Bertepatan dengan dua hari besar di Kupang maka pihaknya turut berpartisipasi berupa aksi donor darah dan pembagian makanan bergizi pada hari ibu. Kegiatan semacam ini, katanya, sebagai wujud kepedulian anggota K2S dalam membantu warga yang sangat membutuhkan bantuan.

Kegiatan donor darah yang melibatkan anggota K2S sudah  rutin dilakukan  karena banyak orang membutuhkan. Dari laporan panitia bahwa dalam kegiatan ini berhasil mendapatkan  100 kantong darah yang berhasil dihimpun dan akan diserahkan ke PMI NTT.

Menurut Kusworo, kesulitan warga selama ini ketika anggota keluarganya masuk rumah sakit dan membutuhkan darah, susah mencari sukarelawan. Untuk itu K2S terpanggil membentuk paguyuban pendonor darah. Anggota yang ada akan didaftarkan namanya juga jenis golongan darah dan nomor kontak. Dengan begitu pasien yang membutuhkan darah, dengan cepat pihaknya memobilisasi anggota paguyuban untuk mendonorkan darahnya. Inipun melatih anggota untuk peduli terhadap sesama di Kota Kupang.

berencana membentuk paguyuban pendonor darah. Hal ini dimaksudkan agar dapat terkontrol secara baik dalam membantu siapapun yang membutuhkan darah, K2S bisa membantu mengirim anggota baik secara perorangan maupun kelompok mendonorkan darahnya.

Wakil Ketua Bidang Peranan Perempuan (Bapper) K2S Kota Kupang, Isroatin Ulva Muyasaroh, menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan program dari Bidang Peranan Perempuan K2S. Bertepatan dengan momen HUT NTT dan Hari Ibu tahun 2018 ini, pihaknya berinisiatif untuk melaksanakan bakti sosial dengan mengajak anggota K2S untuk sukarela mendonorkan darah. Pada kegiatan ini, ditargetkan mendapat 100 kantong darah untuk membantu sesama yang membutuhkan yang disalurkan melalui PMI NTT.

“Kita gelar dua kegiatan pada kedua momen ini (HUT NTT dan Hari Ibu). Selain donor darah kita juga akan bagikan makanan bergizi bagi anak-anak pada tanggal 22 Desember. Ini bentuk partisipasi kami kaum ibu di K2S dalam membantu sesama,” jelasnya.

Sekertaris K2S Kota Kupang, Ir Mutakim mengatakan, kegiatan donor darah ini menjadi agenda rutin dari K2S bidang sosial khususnya bidang peranan perempuan. Kegiatan ini dalam rangka HUT NTT dan  hari ibu 22 Desember 2018.

Kegiatan donor darah ini merupakan program rutin setiap 3 atau 6 bulan sekali bekerja sama dengan PMI. Dan akan diupayakan anggota dari K2S yang donor akan mendapat kartu pendonor dari PMI dengan maksud, apabila ada saudara-saudara  yang sakit dan memerlukan darah, warga K2S akan siap mendonorkan darahnya.

Hut NTT yang 60, merupakan moment yang tepat dari K2S untuk menunjukkan kepeduliannya sesama warga NTT khususnya Kota Kupang, dengan donor darah dan memberikan makanan bergizi di hari ibu 22 Desember 2018, karena warga K2S juga merupakan warga NTT.

Pantauan Nusa Flobamora,   para calon donor darah sebelum mendonorkan darah mengisi formulir terlebih dahulu. Setelah itu diperiksa tekanan darahnya barulah diarahkan ke petugas untuk diambil darahnya. Turut menyaksikan kegiatan ini Kepala UTD PMI NTT, Dr. Samson Ehe Teron. Para pengurus K2S juga terlibat melakukan aksi donor darah. Dari pendonor rata-rata berusia remaja sampai orangtua. Mereka sangat antusias menyumbangkan darah untuk sesama.(ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *