Kader Syarikat Islam Diminta Teruskan Semangat Juang HOS Cokroaminoto

KUPANG.NUSA FLOBAMORA––Kader dan simpatisan organisasi Wilayah Syarikat Islam Nusa Tenggara Timur secara khusus merayakan hari lahirnya Nabi Besar Muhammad, SAW atau Maulid Nabi secara sederhana. Pada momen ini, kader Syarikat Islam harus merefleksikan kiprah para pendahulu dalam  membesarkan organisasi Islam ini. Semangat juang yang telah diwariskan tokoh nasional, HOS Cokroaminoto harus terus ditingkatkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demikian disampaikan Pimpinan Wilayah Syarikat Islam NTT, Drs. H Rudin Baly dalam sambutannya di hadapan para hadirin dan  undangan lainnya pada acara HUT Maulid Nabi di Aula LPMP NTT, Minggu (2/12/2018).

Rudin mengatakan, pada momen ini sungguh merupakan hari penuh berkat karena segala kesejahteraan dan keselamatan tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Muhammad, SAW. Dengan aklak beliaulah semua umat dapat menjadi orang muslim yang sejati. Untuk itu, kata Rudin, pada hari penuh berkat ini diharapkan semua kader Syarikat Islam menjadikannya sebagai hari untuk merefleksi catatan sejarah organisasi ini sejak dulu hingga zaman kemerdekaan ini.

Rudin menjelaskan, pada masa lalu Syarikat Islam sudah begitu sengsara menghadapi tekanan/intervensi yang luar biasa tapi masa kini Syarikat Islam masih dihadapkan dengan masalah kepemimpinan. Untuk umat saat itu adalah bidang ekonomi dan kesejahteraan. Sebuah perjuangan tumbuh pada 16 Oktober 1905 dengan berdirinya Syarikat Dagang Islam yang memiliki komitmen hebat dan keberpihakan pada rakyat.

Sehubungan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad, SAW yang diselenggarakan Syariat Islam NTT, kata Rudin, maka sebagai pimpinan wilayah dirinya perlu menyampaikan hal-hal yang dijadikan bahan refleksi kedepannya. Dirinya mengakui sejak lama kiprah Syarikat Islam sebagai organisasi kemasyarakatan berbasis keagamaan nyaris tak terdengar khalayak luas. Kiprah organisasi pelopor ini seolah-olah semakin hilang ditelan arus zaman. Padahal tercatat dalam sejarah peran tokoh HOS Cokroaminoto sangat besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Dalam perjalanan Syarikat Islam telah banyak memberikan kontribusi terhadap bangsa Indonesia. Juga turut andil dalam deklarasi Kemerdekaan Indonesia. Sebuah obsesi besar HOS Cokroaminoto berjuang membangkitkan kesadaran umat Islam untuk tetap berjihad Fi Sabilil Haq melalui dakwah, ekonomi dan pendidikan. Semangat ini harus tetap diwariskan oleh generasi Islam sekarang ini,” pesan Rudin.

Sementara Ketua Panitia yang juga Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Syarikat Islam NTT, Anwar Djaha mengatakan, organisasi ini hadir bertujuan mendukung program pemerintah dan juga Syiar dan dakwah. Maksud dan tujuan dari perayaan Maulid Nabi sesungguhnya menumbuhkan serta meningkatkan ketaqwaan umat kepada Allah, SWT maha pencipta segala yang ada di bumi. Selain itu memupuk kecintaan umat dengan meneladani ahlak Rasulullah SAW serta mengeratkan silahturami diantara umat Islam.

Adapun tema dari peringatan Maulid Nabi yakni, meneladani ahlak Rasulullah SAW dalam rangka membangun Ummat. Peserta yang hadir yakni, anggota dan pengurus Pimpinan Wilayah Syarikat Islam NTT, Dewan Wilayah Syarikat Islam NTT, pengurus Cabang Kota Kupang, para pimpinan ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat, para imam masjid se-Kota Kupang, Majlis Ta’lim dan simpatisan yang ada di Kota Kupang.(erni amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *