Melegalkan Miras Harus Mempertimbangkan Banyak Aspek

KUPANG.NUSA FLOBAMORA—-Sekertaris Umum Pimpinan Wilayah Nahdatul Ulama (NU) NTT yang juga  calon DPD NTT, Abdullah P. Ulumando, SE angkat bicara soal rencana Pemerintah NTT  melegalkan minuman keras( miras) khas NTT. Dari segi kepentingan daerah sah-sah saja tetapi  perlu juga memperhatikan hal lain dari sisi aturan Agama berkaitan dengan minuman beralkohol. Untuk itu banyak aspek harus dilihat dan dipertimbangkan.

Abdullah kepada Nusa Flobamora, Selasa (20/11/2018) menegaskan, dalam menjalankan roda pemerintahan, seorang kepala daerah haruslah mensinergikan antara kepentingan ekonomi daerah, sosial kemasyarakatan, kehidupan religi dalam masyarakat yang dipimpinnya. Terkait dengan rencana melegalkan miras lokal di NTT,  jila dilihat dari sisi kepentingan daerah sah-sah saja tapi perlu juga diperhatikan dari sisi aturan Agama berkaitan dengan minuman beralkohol.

“Menurut saya miras yang mau dilegalkan haruslah dievaluasi kembali dalam rangka mendapatkan sebuah regulasi yang pas bagi kenyamanan masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari,” katanya.

Menurutnya, masih banyak potensi sumber daya di daerah ini yang masih perlu diberdayakan dalam rangka mendukung terselenggaranya sebuah pemerintahan  yang sehat ekonominya, sehat akhlak masyarakatnya, dalam bingkai kebinekaan dalam kehidupan masyarakat dengan berbagai latar belakang.

“Jadi rencana legalkan miras lokal memang sedang diwacanakan, tapi usul saya supaya perlu dilihat dari banyak aspek. Disatu sisi pertimbangan pemerintah untuk membantu ekonomi warga tetapi harus diingat bahwa dari pandangan tokoh agama tentu juga perlu diperhatikan,” tambah Abdullah. (erni amperawati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *