Pemuda Ansor Diingatkan Kobarkan Terus Semangat Toleransi

KUPANG.NUSAFLOBAMORA—–Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Josef Nae Soi secara khusus menerima rombongan Kirab Satu Negeri Zona Rote. Dalam pertemuan penuh kekeluargaan ini peserta kirab yang merupakan generasi Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) diingatkan untuk terus mengobarkan semangat toleransi di Indonesia.
Wagub Josef dihadapan rombongan Kirab Satu Negeri Zona Rote di Kantor Gubernur NTT di Kupang, Senin (17/9/2018) menegaskan, Indonesia ini memiliki beraneka ragam suku, ras dan agama. Kita merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Apalagi rombongan saat ini berada di NTT yang dijuluki Nusa Terindah Toleransi. Terkait toleransi, kata Josef, ada dua makna penting yakni toleransi dokmatis dan sifidius. Kita adalah satu yang dalam ajaran Islam ada sebutan Lakum Diinukum Wa Liya Diin yang artinya Bagimu Agamamu Bagiku Agamaku.
Didalam ajaran Kristiani disebutkan cintailah sesamamu. Untuk itu dirinya mengajak pemuda GP Ansor untuk tunjukan kepada warga bangsa ini bahwa NTT merupakan Nusa Terindah Toleransi.
“Perjalanan kirab sudah dari Rote, Kota Kupang
 lalu ke Ende yang sama kita ketahui bahwa di sana Soekarno menemukan nafas idiologi Pancasila. Dari Kota Pancasila rombongan akan  ke Labuan Bajo disana ada satu keajaiban yang dikenal luas di Indonesia bahkan dunia,” jelasnya.
Menurut Wagub Josef, kirab Satu Negeri ini  bertujuan memperkokoh jiwa persatuan dan kesatuan. Sebagaimana kita ketahui bahwa akhir-akhir ini di Indonesia banyak sekali usaha-usaha dan gesekan-gesekan  dimana ada kecendrungan sekelompok orang yang ingin memecah belah satu dengan yang lain. Untuk itu pemuda Ansor harua berdiri paling depan membela persatuan dan kesatuan.
“Kita ketahui bersama bahwa sebelum Indonesia merdeka sudah ada organisasi NU dan Muhamadyah dimana di dalamnya ada Pemuda Ansor. Untuk itu  perlu dikibarkan panji-panji ke seluruh tanah air. Saya ucapkan selamat melanjutkan kirab dan tingkatan semangat dan kerja keras kaum muda Ansor dalam menyongsong hari sumpah pemuda dan puncak hari kirab,” pesan Josef.
Hadir pada kesempatan ini Kepala Biro Humas Setda NTT, Semuel Pakereng, Kepala Biro Kesra, Barthol Badar, Kordinator Wilayah GP Ansor Nusa Tenggara – Bali, NTB, NTT, Jakaria Pua To, Khairul Anwar (Pengurus Pusat GP Ansor),  Abdul Hafiz (Bakornas Kirab Satu Negeri Zona Rote),  Abdul Muis (Ketua PW Ansor NTT), Taufik Arman Pua Upa (Pelaksana Kegiatan),  Gulam Mansyur Ibrahim (Komandan Banser Wilayah NTT).(erni amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *