Bupati Titu Eki Bekali Pengelola Koperasi Melalui Diklat Berbasis  SIYB

KUPANG.NUSAFLOBAMORA—–Bupati Kabupaten Kupang,  Dr. Ayub Titu Eki membekali para pengelola koperasi di Kabupaten Kupang melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) manajemen pengelolaan Koperasi/KUD bagi pengurus/ pengelola koperasi dan kewirausahaan berbasis modul SIYB (Start Improve Your Business). Kegiatan yang bertujuan untuk mendukung peningkatan perekonomian, khususnya pemberdayaan ekonomi rakyat melalui peningkatan peran koperasi dan UKM diikuti 100 peserta selama satu minggu bertempat di Hotel Romita Kupang.

Siaran Pers Humas Pemda Kupang,  Selasa (4/9/2018) ditulis, Bupati Ayub Titu Eki yang juga sebagai instruktur dalam diklat ini membakan materi soal  Kebijakan Pemerintah tentang Koperasian. Bupati mengatakan,  ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam diklat, 1),  manajemen pengelolaan koperasi. Maksudnya mencari siapa yang mau di didik untuk memimpin sebagai Kepala untuk mengelola orang, mengelola kerjasama, mengelola administrasi,  dan mengelola uang. Pastinya keberhasilan itu berawal dari usaha kecil, uang bukan segalanya,  yang penting kerja dan berusaha, maka tidak akan mungkin keuntungan besar akan kita diraih asalkan ada kemauan untuk bekerja. Titu Eki memotivasi bahwa untuk memperoleh keberhasilan, harus tahu darimana akan memulai. Jangan hanya berpikir di uang saja, tetapi bagaimana bisa menjalankan kerja dengan baik. Menurut Titu Eki cara berpikir orang yang tidak maju adalah start dari uang itu salah. Mengelola uang, mengelola tenaga,  mengelola waktu baru bisa dapatkan uang.

2),  Latihan diklat kewirausahaan. Artinya melatih pribadi untuk bekerja. Mulai menggerakkan tenaga dan waktu,  mulai bergerak dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan juga kebutuhan orang lain. Titu Eki mengharapkan agar para peserta diharapkan mempunyai kemampuan lebih bukan hanya urus diri sendiri tetapi berbagi untuk menolong orang lain. Kebahagiaan itu datang manakala disaat kita bisa berbagi dengan sesama dan buka usaha sendiri. Karena wirausaha adalah berusaha sendiri untuk bagaimana kita lakukan sesuatu yang tidak pernah kita tahu/lakukan.  Harapan Ayub Titu Eki di akhir masa jabatan sebagai Bupati adalah sebagai orangtua, Ayub meminta kelak Kabupaten Kupang lebih memancarkan kemajuan.

“Semangat saudara jadi modal utama sesuatu yang kecil bisa menjadi luar biasa asalkan ada rasa cinta dengan pekerjaan,” pesan Ayub.

Ketua Panitia diklat, Irene Tuti S. Arka dalam sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan diklat ini bertujuan untuk mendukung peningkatan perekonomian, khususnya pemberdayaan ekonomi rakyat melalui peningkatan peran koperasi dan UKM melalui peningkatan SDM pengurus koperasi dalam meningkatkan pelayanan usaha koperasi dan UKM,  sekaligus memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah dan meningkatkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan pengurus koperasi dan Jiwa Wirausaha dalam penguasaan administrasi usaha koperasi dan UKM.

Turut hadir Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Kupang Drs. Apriamos Uly, Kepala Dinas Perijinan Kabupaten Kupang Drs. Johanis Munah, Kepala Dinas Perindustrian, Titus Anin, Pimpinan OPD terkait, Instruktur dari Dinas Koperasi dan UKM kabupaten kupang,Widyaswara dari Dinas Koperasi Provinsi NTT dan peserta koperasi se-Kabupaten Kupang.(*/erni amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *