Walikota Kupang Serahkan Hewan Qurban ke K2S

KUPANG.NUSAFLOBAMORA-–Walikota Kupang Jefri Riwu Kore didampingi Awang Notoprawiro, pengusaha yang juga politisi Partai Amanat Nasional  (PAN) menyerahkan bantuan hewan qurban berupa 1 ekor sapi untuk Kontak Keluarga Sosial ( K2S), warga Jawa di  Kota Kupang. Penyerahan hewan qurban ini berkenaan dengan hari Raya Idul Adha 1439 H/Rabu, 22 Agustus 2018.

Walikota Kupang Jefri  mengatakan, bantuan ini merupakan partisipasi pemerintah Kota Kupang bagi warga K2S, untuk disembelih dan dibagikan kepada warga Kota Kupang yang berhak menerimanya. Dalam pesannya kepada K2S, Jefri mengharapkan untuk senantiasa menjaga tali persaudaraan yang selama ini sudah terjalin dan terjaga di Kota Kupang.

“Saya  juga berharap, K2S serta seluruh warga Kota Kupang tetap menjaga toleransi antar umat beragama, karena Kota Kupang merupakan salah satu kota di Indonesia yang terbaik tingkat toleransinya,” pesan Jefri.

Sementara  Ketua Panitia penyembelihan hewan qurban K2S, Ali Mahfud saat dijumpai di kawasan penyembelihan hewan di wilayah pohon duri Oesapa Kecil menguraikan,  K2S merupakan komunitas warga asal Jawa yang berjumlah 250 kepala keluarga yang menyebar di seluruh kota Kupang. Untuk tahun 2018 ini, K2S menyediakan hewan qurban 71ekor sapi, 1 bantuan dari Walikota Kupang dan 66 ekor kambing. Hewan qurban ini merupakan  sumbangan baik itu dari perseorangan, paguyuban dan Majelis taklim. Untuk lokasi penyembelihan hewan qurban,  katanya,  ada beberapa titik yaitu di Kelapa Lima, Pasir Panjang dan lokasi ke perumahan BTN serta di oesapa kecil yang merupakan pusat pemotongan hewan qurban K2S.

“Untuk di lokasi Oesapa Kecil, hewan yang disembelih sebanyak 18 ekor sapi dan 13 ekor kambing yang akan dibagikan kepada 1.500-an warga kota Kupang yang berhak menerimanya tanpa memandang Agama, suku maupun golongannya,” jelasnya.

Ditanya soal makna dari hari Raya Idu Qurban itu sendiri, Ali Mahfud menguraikan, suatu perjuangan secara Syariah yang dicontohkan Allah lewat Nabi Ibrahim AS dengan Ismail putranya yang merupakan syariat yang di berikan kepada umat Islam dan dilakukan oleh umat Islam berupa pemotongan penyembelihan hewan qurban setiap hari Raya Idul Adha. Maknanya, bagaimana umat Islam peduli dalam sisi kesosialannya tanpa memandang perbedaan baik itu di lingkungan dan tetangganya.

“Untuk penyembelihan hewan qurban ini, selain warga kota yang berhak menerima, akan kita bagikan juga kepada saudara-saudara kita yang berada di sekitar lingkungan penyembelihan hewan qurban yang berjumlah 40-50 kepala keluarga tanpa memandang perbedaan,” atanya.

Sekertaris K2S kota Kupang Poedji Watono juga mengatakan, kontak keluarga sosial ( K2S) merupakan peguyuban orang jawa yang ada di Kota Kupang baik itu warga asal Jogya, Solo, Banyumas, Banyuwangi dan semuanya bernaung dibawah K2S dengan masing-masing paguyubannya.

Terkait dengan perayaan hari Raya idul Qurban Poedji menyampaikan, masing-masing paguyuban mengadakan penggalangan hewan qurban sekaligus penyembelihan dan semuanya dibawah koordinasi K2S. Untuk tahun 2018 ini, terkumpul hewah qurban sebanyak 71 ekor sapi 1 ekor bantuan dari walikota Kupang dan kambing sebanyak 66 ekor.

Menurutnya, manfaat dari koordinasi K2S  yaitu untuk memudahkan warga Jawa dalam pencarian hewan qurban dan pembagian hewan qurban supaya tidak tumpang tindih.

“Seandainya tidak ada koordinasi dari K2S maka di kuatirkan 1 orang bisa menerima lebih dari 1 kantong daging qurban sedangkan saudara-saudara yang lain masih membutuhkan. Untuk daging qurban bukan hanya warga muslim saja yang menerima, tetapi  kita juga akan membagikan kepada saudara-saudara kita yang berada di lingkungan lokasi penyembelihan tanpa memandang perbedaan Agama dan suku,” ungkapnya. ( erni amperawati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *