Ribuan Umat Muslim Padati Lapangan TNI AURI Kupang

KUPANG.NUSAFLOBAMORA——Ribuan umat Muslim di Kupang yang datang  dari berbagai penjuru mengikuti ibadah sholat Ied di lapangan TNI AURI Kupang. Sholat yang dipimpin
Imam Jawas  Syafrudin, S.Ag dan Khatib,  Danlanud Kolonel Pnb. Arif Hartono, SH ini dilaksanakan dalam suasana aman dan lancar. Seluruh umat khusuk mengikuti ibadah bersama ini sampai selesai.
Khatib Kolonel (Pnb) Arif Hartono dalam ceramahnya, Jumat (15/6/2018) mengatakan, selama sebulan seluruh umat Muslim  khusus di Kota Kupang melaksanakan ibadah puasa. Selama sebulan penuh berpuasa, umat Muslim tentu menahan diri dari segala macam godaan dan cobaan, sehingga Idul Fitri ini merupakan hari kemenangan atas segalanya itu. Seluruh umat Muslim mensyukuri berkat dan hikmat yang diberikan Allah SWT sehingga semuanya dalam keadaan sehat walafiat dan bisa saling bersilahturami antar sesama umat Muslim sendiri maupun dengan umat Non Muslim. Semua umat harus mensyukuri nikmat yang diberikan Allah sehingga mempertemukan sanak saudara untuk merayakan hari kemenangan ini.
“Bulan Ramadhan ini sesungguhnya memberi pesan untuk kita merubah sikap hidup yang selama ini kurang berkenan ke arah yang lebih baik. Idul fitri merupakah akhir dari keseluruhan proses puasa yang kita sudah laksanakan. Hari raya ini memberi inspirasi untuk kita saling menghormati diantara sesama umat sebagaimana diamanatkan di dalam Kitab Al Quran,” kata Arif.


Menurut Arif, saat ini kondisi bangsa mendapat tantangan yang luar biasa. Banyak cobaan yang melanda bangsa ini. Sebagai umat Muslim yang baik, ajaran Nabi Muhammad telah mewariskan untuk umatnya saling mengasihi satu dengan yang lain. Sebagai umat yang hidup di negara ini hendaknya mengedepankan semangat mengumpulkan kebaikan. Umat Muslim harus saling menjaga negeri ini dengan sebaiknya, dengan saling menasehati, saling menghormati, jangan saling mencelakakan satu dengan yang lain. Hidup harus saling menghargai tanpa melihat perbedaan suku, agama maupun ras. Setiap pemimpin agama mengajarkan kebaikan soal sikap toleransi dan menghormati perbedaan untuk sama-sama menjaga bangsa ini dalam semangat Bhineka Tunggal Ika.
“Kita harus saling menghormati baik antar kita umat muslim juga non muslim. Toleransi harus dipraktekan seluruh umat. Umat tidak boleh  tersulut kebencian antar etnik,  suku, antar agama hanya karena kepentingan sesaat. kita sedih melihat kondisi bangsa karena adanya pertikaian dan kebencian. Perbedaan pendapat  itu wajar, tapi jangan saling membenci satu sama yang lain. Pancasila sebagai dasar negara merupakan jalan tengah untuk mendamaikan dan menyatukan kita semua,” pesan Arif.
Kolonel Arif yang belum setahun bertugas di NTT ini menambahkan, Agama Islam yang dianut mengajarkan soal kasih sayang sehingga dirinya mengajak semua umat Muslim untuk tahan diri dari rasa  kebencian dan pererat tali silahturami diantara umat muslim dan non muslim di daerah ini. Perdamaian sekarang seperti barang langka yang harus dirajut kembali. Tingkatkan semangat toleransi. Jangan ciptakan keresahan dan saling hargai perbedaan agar bangsa ini tetap kuat, kokoh dengan landasan dasar negara Pancasila.
Adapun bertindak sebagai Imam : Jawas Syafrudin, S.Ag, Wakil Imam : Danlanud Kolonel Pnb. Arif Hartono, SH, Khatib : Danlanud Kolonel Pnb. Arif Hartono, SH, Wakil Khatib : Jawas Syafrudin, S.Ag, Bilal : Kisman, Penanggung Jawab : Bintal dan Anggota TNI AU El Tari Kupang.(erni amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *