Indonesia Optimis 8 Besar Di Asian Games 2018

Oleh. Sumbara Hambali, S. Pd., M. Pd*)

Akhirnya setelah 56 tahun menunggu, Indonesia kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah dalam perlehatan Asian Games ke-18. Multi Event Olahraga Se-Benua Asia tersebut akan diselenggarakan mulai tanggal 18 Agustus – 02 September 2018 di Jakarta dan Palembang dengan mempertandingkan 40 cabang olahraga.

Tentunya ini merupakan suatu hal yang sangat menggembirakan dan membanggakan bagi kita semua selaku warga negara Indonesia, karena inilah saatnya Indonesia untuk menunjukan jati dirinya dimata dunia, khususnya di Asia. Disini jelas, bahwa kita sebagai rakyat Indonesia harus siap menjadi bagian dari sejarah bangsa dan memiliki kontribusi yang baik untuk mensukseskan acara ini.

Sumbara Hambali, S. Pd., M. Pd

Salah satu kontribusi nyata yang dilakukan adalah dengan diadakannya Seminar Nasional oleh para mahasiswa PascasarjanaProgram Doktoral Pendidikan JasmaniUniversitas Negeri Jakarta Angkatan 2017 dengan mengambil tema “Spirit Energy for Asian Games 2018” yang dilaksanakan pada tanggal 09 Mei 2018 lalu di Gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta.

Seminar tersebut mendatangkan pemateri dari para pakar yang ahli dibidangnya, yaitu pertama ada Prof. Dr. Mulyana, M.Pd dari Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemetrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, kedua dari seorang akademisi yaitu Prof. Dr. dr. James Tangkudung, SportMed., M.Pd., dan yang ketiga dari pihak Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah DKI Jakarta yang kebetulan diwakilkan oleh Tomi Ari Sudewo. Ketiganya memang menargetkan sukses dalam penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses administrasi.

Prof. Dr.Mulyana, M.Pd sebagai pemateri dari Kemenpora RI yang menyampaikan tentang kebijakan pemerintah, mengatakan sangat mendukung terhadap segala sesuatunya untuk kesuksesan Asian Games ke-18 ini, terutama mengenai pendanaan dan juga regulasinya. Bahkan Kementrian Pemuda dan Olahraga RI akan memberikan bonus sebesar Rp.1,5 Miliar bagi atlet yang dapat meraih medali emas di Asian Games kali ini.

Sedangkan dari sisi akademisi, Prof. Dr. dr. James Tangkudung, SportMed., M.Pd menyatakan berdasarkan kajian-kajiannya tentang Sport Science bahwa Indonesia akan mampu meraih prestasi dengan masuk 10 besar. Pernyataan tersebut didasarkan pada hasil Asian Games ke-17 di Incheon – Korea Selatan, dimana dengan perolehan 10 medali emas, Qatar berhasil menempati peringkat 10. Bahkan pakar akademisi sport science tersebut memiliki keyakinan bahwa Indonesia mampu masuk di peringkat 8 besar dengan didasarkan pada beberapa cabang olahraga unggulan yang diprediksi akan mendulang emas, seperti Bulutangkis, Pencak Silat, Angkat Besi, Panjat tebing, Wushu, Jet Sky, Taekwondo, Dayung, Paralayang, Bridge dan Panahan. Semua cabor tersebut diprediksi akan mendapatkan 16 – 18 medali emas.

Selanjutnya Tomi Ari Sudewo selaku perwakilan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Pemda DKI Jakarta dalam rangka mensukseskan acara ini, pihaknya telah melakukan pengelolaan yang maksimal terhadap venue yang akan digunakan di Asian Games 2018, khususnya venue yang ada di Jakarta, sehingga diharapkan perhelatan Multi Event Olahraga Se-Benua Asia ini dapat berjalan dengan sukses.

 

Identitas Penulis:
Sumbara Hambali, S. Pd., M. Pd
Pekerjaan : Dosen TetapProdi. PJKR STKIP Pasundan
Sekarang penulis merupakan Mahasiswa Program Doktoral di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Jasmani. Tulisan ini juga sebagai salah satu pemenuhan tugas pada mata kuliah Pengembangan Profesi Penjas dan Olahraga yang diampu oleh : Prof. Dr. Sofyan Hanif, M. Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *